Rabu, 14 Maret 2012

Tips Meraih Sukses UN

Sumber gambar (https://uasbn.com/)

Ujian Nasional menjadi momok yang serius bagi siswa siswi sekolah, baik itu tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Mengeah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK). Biasanya jelang UN seperti ini, mereka disibukkan dengan kegiatan belajar, baik formal maupun informal. Segala kegiatan yang tidak berkaitan dengan ujian ditinggalkan begitu saja. Bahkan, tak sedikit pula yang mengabaikan UN ini hanya sebagai ujian biasa saja. Tapi, yang menjadi sorotan utama adalah bagaimana sikap dan langkah kita untuk meraih kesuksesan dalam menempuh UN kali ini.
Berikut saya sampaikan beberapa tips-tips yang bersumber dari pengalaman pribadi dan teman-teman saya:
1. Belajar dengan sungguh-sungguh. Mungkin hal ini menjadi hal yang biasa dilakukan, tetapi kapan dan bagaimana menerapkan pola dalam belajar agar bisa menyesuaikan diri. Belajar secukupnya saja, disesuaikan dengan kemampuan yang ada. Yang terpenting latihlah selalu dengan menjawab soal-soal yang ada. Dengan mempelajari soal-soal, khususnya soal ujian nasional sebelumnya bisa saja ada cara atau materi yang sama, tetapi hanya beda kontennya saja. Hal ini pernah saya alami ketika jelang ujian dimulai, setiap malam dan pagi hari membaca dan menjawab soal, alhasil pada waktu itu banyak soal-soal yang hampir sama cuma beda angka maupun bacaannya tanpa mengurangi inti dari soal. Lebih diutamakan bisa esok hari mau ujian, usahakan dalam beberapa jam sebelumnya belaajar terlebih dahulu mengingat daya otak manusia hanya mampu mengingat selama 2x 24 jam menurut pendapat guru saya terdahulu.
2. Berdoa dan melaksanakan kegiatan ibadah dan amalannya. Sebagai contoh, melaksanakan sholat lima waktu, diusahakan berjamaah di masjid, sholat tahajud tiap malam, sholat Dhuha tiap pagi hari, terapkan bersodakoh setiap hari seiklasnya, dan jangan lupa tetap berdoa. Bila menghadapi ujian atau kegiatan lainnya, diharapkan terlebih dahulu untuk berwudhu, dalam keadaan suci.
3. Buatlah kegiatan belajar kelompok. Bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah. Lebih bagus lagi bila belajar kelompok bersama keliling bergantian di rumah teman atau mencari tempat yang nyaman supaya tetap relaks.
Beberapa tips ini pernah saya lakukan semasa sekolah dulu. Alhasil, Insya Allah apa yang kita cita-citakan atau harapkan bisa tercapai apabila kita berusaha dan berdoa serta mengelilingi kehidupan kita dengan amal ibadah.


Silakan Mencoba.
Sukses untuk yang akan menghadapi Ujian Nasional kali ini.
Salam....

0 Comments:

Posting Komentar