Senin, 12 Maret 2012

Gadget Baru: Gengsi atau Kebutuhan?


Teringat olehku kejadian yang berlangsung tadi siang, di sebuah pusat perbelanjaan di Yogyakarta bertemu dengan seorang ibu-ibu memakai perhiasan lengkap sambil menenteng HP yang baru dibeli kemaren. Waktu itu, saya sedang menemani teman saya pergi membeli HP. Ibu tadi komplen dengan HP yang baru dibeli kemaren karena eror. Kemudian ia ingin ganti HP dengan jenis baru. Sembari berbisik-bisik tanya ke penjual HP."Ada HP jenis baru apa sekarang?"ujar ibu tadi
Seakan kebutuhan akan gadget sekarang menjadi trend yang wajib untuk dimiliki. Ketika ada hal yang baru, sebagian besar manusia ingin melampiaskan keinginannya semata hanya untuk mencari kepuasan dan ketenaran saja. Alhasil, dengan apa yang dimiliki, seolah semuanya bisa dibeli tanpa memperhitungkan kebutuhan.
Bisa dikatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat. Hanya saja, bagaimana dari diri kita menyikapi dan menanggapi permasalahan tersebut. Bedanya, ungkin ada orang yang memanfaatkan secara penuh ada pula hanya untuk sekedar gengsi belaka.
Uniknya, hari ini pula saya menemukan seseorang yang mempunyai ide kreatif yang unik dan sangatlah perlu dicontoh. Ini hasil dari inspiratif teman saya. Ketika ia memiliki barang atau sesuatu, ia manfaatkan dengan baik, seperti memanfaatkan gadget yang ada menjadi pundi-pundi rupiah. Bagaimana tidak, gadget yang ia punya digunakan sebagai salah satu alat untuk mempromosikan usahanya. Kejadian semacam ini, mungkin tidak hanya dialami oleh teman saya, tetapi masih banyak orang lain yang bisa memanfaatkannya tidak sekedar mencari sensasi.
Hikmah yang bisa diambil dari cerita ini bahwa kita harus mengambil sikap dan memanfaatkan apa yang kita punya, sekecil apapun itu bisa kita usahakan untuk mencari sesuatu "lain" yang bisa kita manfaatkan. Mengingat saat ini, masyarakat terbelenggu oleh dunia teknologi yang semakin canggih, selayaknya menjadi suatu inspirasi atau jalan dalam membantu kehidupan kita.

-Sekian-

0 Comments:

Posting Komentar