Senin, 19 Maret 2012

Belajar Bisnis


Bisnis memang menjanjikan. Menjadi seorang bisnisman memang tak mudah untuk dilakukan. Terlebih, harus memiliki modal lebih untuk membuat suatu usaha tertentu agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik. Lantas, bagaimanakah cara membangun bisnis yang ideal?
Pertama, tentunya kita harus memiliki link atau jaringan baik melalui organisasi maupun kelompok tertentu. Untung-untung mengikuti organisasi kelompok bisnis tentunya akan lebih mudah menggapainya. Sedikitnya ya ikut organisasi sekolah atau kampus untuk menjaring jaringan kerjasama. Lebih bagus bila jaringan itu bisa keluar wilayah itu.
Membentuk jaringan sangatlah penting untuk menawarkan produk ataupun bekerjasama dalam berwirausaha. Sebagai contoh, dua orang dari salah satu PT di Jogja berhasil melakukan kegiatan bisnis ini. Tanpa perlu modal, kita bisa menjalankan bisnis lewat marketing sendiri.
Kedua, bila punya pandangan atau produk yang akan dipasarkan tentunya kita akan berfikir bagaimana cara mempromosikan produk kita untuk selanjutnya. Untuk memasarkannya bisa memanfaatkan melalui jejaring sosial, media blog/website, atau mengikuti jaringan bisnis di internet. Akan lebih mudah lagi bila, kita menawarkan lewat bisnis berbasis chatting, entah aplikasi chatting apa yang bisa kita gunakan untuk menawarkan produk. Cara ini cukup efektif mengingat teknologi khususnya internet sudah tidak menjadi hal umum lagi, apalagi memiliki jaringan yang sangat kuat dan luas.


Semoga paparan yang saya sampaikan bisa menjadi manfaat. Mulailah dari hal yang kecil, lama kelamaan bila memang bisnis itu bisa tersebar luas, maka bisa jadi bisnis yang kita lakukan bisa berkembang. So, do it.


Salam

0 Comments:

Posting Komentar