Rabu, 28 Maret 2012

Tentang Demo....

Sumber: http://sejutaumat.com/

Persepsi tentang demo saat ini mendapat respon berbeda-beda dari masyarakat. Sebagian mengatakan demo itu harus dilakukan karena negara kita yang demokratis, guna mengaspirasikan rakyat, agar rakyat tidak tertindas maupun memperjuangkan hak rakyat. Ada pula yang mengatakan bahwa demo itu kurang kerjaan, sudah nggak jaman lagi, bikin anarkis dan sebagainya. Mengingat kini banyak kegiatan demo dilakukan di berbagai kota di Indonesia, pada umumnya mereka menuntut penolakan harga BBM yang akan naik pada 1 April mendatang. Berbagai elemen masyarakat, dimulai dari mahasiswa, buruh, maupun masyarakat lainnya tak luput melakukan aksi ini atas kecaman kenaikan BBM oleh pemerintahan rezim SBY. Lantas, bagaimana sikap masyarakat menanggapi demo ini. Lalu, bagaimana pula mereka yang tidak setuju dengan kegiatan demo, lah trus pake cara apa kalo demo dianggap tidak layak dilakukan??
Menurut saya pribadi demo itu tetap harus ada dan harus dilakukan. Bila tidak ada demo bagaimana cara mengaspirasikan rakyat?pakai tulisan atau media? Saya rasa kalau hanya memakai media itu masih belum cukup. Demo adalah bentuk cara yang cukup proporsional. Dengan demo bisa memunculkan opini publik apa sebenarnya terjadi dan kejelasan tunutuan rakyat. Tetapi, yang menjadi perhatian adalah cara melakukan demo. Sering ditemui demo-demo anarkis dilakukan. Boleh saja dilakukan tetapi tidak baik jika dilakukan secara terus menerus. Demo harus bisa profesional. Kalau memang harus dilakukan demo dengan cara seperti itu silakan saja. Lagi pula demo-demo biasa belum bisa memunculkan opini publik secara mendalam. Dengan demo anarkis, mungkin akan lebih dipandang dan didalami oleh media, apalagi media lebih suka dengan hal-hal yang menarik dan kejadian yang luar biasa.
Terserah bagaimana masyarakat mau memandang demo seperti apa. Tetapi yang pasti, mereka melakukan toh juga buat masyarakat, buat kita semua. Memperjuangkan hak-hak kita, tetapi anehnya kenapa pula yang masih menyalahkan demo ini. Yah, namanya juga masyarakat. Mereka bebas untuk memberikan pendapat, kita bisa apa. Lakukanlah apa yang bisa anda lakukan, kalo memang itu terbaik menurut anda.

0 Comments:

Posting Komentar