Rabu, 04 April 2012

Mengenal TBM sebagai Pusat Pendidikan Masyarakat


Taman Bacaan Masyarakat atau sering disapa perpustakaan masyarakat ini ternyata memiliki potensi yang sangat luar biasa. Masyarakat mungkin hanya memandang TBM sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi memiliki nilai lebih dari itu. Menurut saya, TBM bisa berkembang menjadi pusat pendidikan serta kegiatan masyarakat. Sebagai contoh menjadikan TBM sebagai tempat silaturahmi bersama, diskusi bersama (bedah buku, belajar resensi,de el el) maupun pengadaan ketrampilan dan pelatihan masyarakat. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial untuk masyarakat tentunya harus dibarengi dengan kerjasama dan dukungan dari masyarakat. Terkadang, sebuah lembaga atau terkait TBM ini hanya dikelola dan dikoordinir oleh sebagian orang saja, tetapi kan di sini masyarakat juga perlu dan harus membantu dalam mengembangkan TBM dalam upaya kebaikan bersama. Sangat mungkin bila masyarakat yang mendukung akan mendorong kemajuan TBM-TBM yang ada. Dengan kerjasama yang solid dibangun secara bersama-sama, terlebih lembaga ini adalah milik masyarakat bukan milik perorangan atau perkelompok. Namun, kesadaran masyarakat inilah yang harus kita bangun dan ubah karena semakin zaman berkembang masyarakat cenderung mulai meninggalkan aktivitas sosial kemasyarakatan, terutama di lingkungan perkotaan.
Masyarakat cenderung lebih melakukan aktivitas pribadinya. Kita tidak bisa menyalahkan mereka, karena memang kebutuhan dan perubahan era yang telah menggerus budaya masyarakat saat ini.

Ayo Belajar Ke TBM....
Bukan sekedar tempat nongkrong atau sekedar meminjam buku. Tetapi bisa sebagai tempat untuk belajar bersama. Belajar bersama teman-teman dalam suatu tempat yang sama akan mendorong pertukaran pikiran dan melatih belajar berdiskusi bersama. Semisal memiliki tugas atau pekerjaan sekolah bisa dilakukan di TBM. Akan lebih baik jika masyarakat yang datang lebih dari 3 orang dengan latar belakang berbeda sehingga ketika ada yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan maka yang lainnya bisa membantu dan memberikan solusi.

Mulailah Dari Sekarang....
Tidak ada kata terlambat untuk memulai kegiatan bersama di TBM. Mulailah dari pelan-pelan tanpa perlu memaksakan diri. Bagi orang tua perlu adanya dorongan kepada anak-anaknya untuk pergi belajar ke TBM. Memang untuk melakukan sangat susah, saya sendiri pun juga begitu. Tetapi, sebisa mungkin untuk menyempatkan waktunya untuk pergi ke tempat ini. Sesibuk apapun orang itu, pasti ada waktu luang walau hanya satu atau dua jam. Coba bandingkan saja dengan waktu tidur kita. Mungkin waktu tidur akan lebih banyak daripada melakukan aktivitas yang bermanfaat. Maka, dari itulah mulailah dari sekarang. Ubahalah hidup agar menjadi lebih bermakna. Let do It....

0 Comments:

Posting Komentar