Minggu, 14 Oktober 2012

Studi Perbandingan Web UIN, UNPAD, & UBD

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan masyarakat saat ini tak lepas dari dunia teknologi. Perkembangan teknologi dengan berbagai inovasi dan kreatifitasnya, mampu memberikan efek kepada masyarakatnya untuk bisa memanfaatkannya. Sebagaimana teknologi dibuat, dengan tujuan untuk membantu kelangsungan hidup manusia, baik dalam memudahkan pekerjaan dan aktivitasnya. Web,blog, dan sejenisnya menjadi salah satu jenis layanan teknologi, yang mampu memberikan fungsi informasi, edukasi, motivasi, maupun ajang untuk belajar menulis melalui online.
Kali ini, sedikit saya singgung tentang perbedaan web salah satu kampus yang menjadi tempat belajar sekaligus mencari sebuah ikatan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tak hanya itu, saya sertakan sedikit paparan perbandingan dengan universitas dalam dan luar negeri (dalam hal web), yakni Universitas Padjadjaran dan Universitas Brunei Darussalam. Untuk menjelaskan secara jelas bagaimana perbandingan antar web tersebut, khususnya UIN Sunan Kalijaga sebagai web terbanding. Untuk melihatnya bisa cek di web UIN SuKa secara langsung. Melihat dari desainnya sendiri, cukup simpel, informasi yang diberikan cukup update walau untuk berita tidak terlalu. Fasilitas UIN yang cukup memadai dan saling terhubung, teruatam untuk e-Library memberikan pelayanan semacam informasi perpustakaan, e-book seperti itu. Hanya saja, fasilitas seperti english pada kolom atas pojok kanan tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan bahasa inggris.
Untuk page penelitian misalnya, masih dinilai kurang memuaskan, hanya memberikan produk dan informasi tentang jurnal, penelitian, maupun  pusat studi. Tidak seperti di Universitas Padjadjaran mampu memberikan contoh daripada jurnal, penelitian yang ada di kampus beserta karya-karyanya. Bisa anda lihat di web Padjadjaran.
Berita yang terus update serta informasi agenda kegiatan di kampus, memberikan informasi yang cukup kuat. Keunikan lainnya, pengumuman yang dibuat semacam slide dan berganti-ganti memberikan kesan menarik. Adanya fasilitas seperti UNPAD TV memberikan layanan, tidak hanya berupa tulisan dan gambar, tetapi juga melalui video. Pelayanan sitemap juga tersedia dalam web ini, sedang di web UIN maupun web Universitas Brunei Darussalam (web UBD).
Dalam web Universitas terkesan menarik dengan unggulan berupa gambar yang cukup mencolok. Baik informasi berupa news maupun announcement penyajian menggunakan gambar dan tulisan. Page juga memberikan pokok-pokok yang cukup lengkap, penggunaan dua bahasa yang menjadi unggulan dalam web ini.

Gambaran SiteMap UIN Sunan Kalijaga :
Home

Universitas
     Sekilas UIN I Visi dan Misi I Struktur Organisasi I Logo & Hymne I Film UIN I Peta UIN I Quality                
Assurance I Sarana & Prasarana I Kemahasiswaan I Kerjasama I Kolom Rektor I Galeri I

Fakultas
     Adab dan Ilmu Budaya I Dakwah I Tarbiyah dan Keguruan I Syari'ah dan Hukum I Ushuluddin I Sains                                                                      dan Teknologi I Ilmu Sosial dan Humaniora I Ekonomi dan Bisnis Islam I Pascasarjana I

Admisi
     Mengapa Memilih UIN I Program Pendidikan I Biaya I Beasiswa I Jalur Pendaftaran I Persyaratan Pendaftaran I Prosedur Pendaftaran I Kantor Pendaftaran I

Penelitian
     Jurnal I Penelitian I Pusat Studi

Pengabdian Masyarakat
     Pengabdian Dosen I KKN Mahasiswa I

Unit Pelayanan
     Perpustakaan I PKSI I PBBA I Laboratorium Terpadu I Laboratorium Agama I Unit Lainnya I

Layanan
     Layanan Akademik I Layanan Difabel I International Office I Beasiswa I

Web Portal
     Email I PMB I Registrasi I SIA I Wisuda I Tracer Studi I ICT I


0 Comments:

Posting Komentar