Rabu, 24 Oktober 2012

7 Miracle of Jogja


Jogja, ternyata menyimpan sejuta keunikan yang tak terduga. Beragam keunikan mulai dari potensi wisata, budaya hingga karakteristik masyarakatnya menjadi perhatian dan apresiasi yang cukup besar dimata domestik maupun mancanegara. Sebagai salah satu tempat populer yang menjadi tujuan wisata, menjadikan Jogja sebagai salah satu unggulan pariwisata yang mampu menyedot turis mancanegara. Memang Jogja Istimewa. Ada banyak hal yang bisa dijumpai di sini. Untuk itu, penulis singgung sedikit 8 hal keunikan yang menjadi ciri khas Jogja, diantaranya:

1. Rambu Jogja yang khas berwarna hijau dan bercorak Jawa
Berbicara Jogja memang tidak ada habisnya. Hal-hal kecil sekalipun dibuat dengan memadukan kebudayaan Jogja. Di sudut-sudut jalan pun, sekecil apapun itu menjadi perhatian yang menjadi suatu ciri khas Jogja. Diantaranya rambu-rambu lalu lintas dengan tiangnya bercat hijau kuning dengan gaya arsitektur Jogja, rambu jalur alternatif sepeda sebagai jalur alternatif pengguna sepeda hingga plat nama jalan yang berpadu pada nuansa Jawa banget, yakni menggunakan Aksara Jawa. Bahkan, beberapa waktu lalu, adanya penggantian plat nama jalan "malioboro" dengan gaya dan model baru, sempat membuat protes dan kemarahan masyarakat Jogja karena dinilai tidak mencerminkan karakter Jogja.

2. Letak geografis Jogja memiliki letak geografis yang cukup strategis
Di mana wilayah selatan dengan panorama pantainya yang menawan. Deretan pantai dengan ciri khas yang berbeda. Sedang di utara, panorama gunung Merapi yang telah melegenda dan sempat menjadi sorotan ketika meletus dengan dahsyat pada tahun 2006 dan 2010 lampau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bisa berkunjung ke tempat tersebut. Di sisi lain, dengan nuansa pegunungan sewu khas Gunung Kidul serta lahan pertanian yang luas di wilayah Bantul dan Kulonprogo.

3. Sistem pemerintahan Jogja yang Istimewa
Belum lama juga peresmian UU Keistimewaan Jogja yang telah disetujui pemerintah pusat dan pelantikan Gubernur Ngayogyakarta Hadiningrat oleh SBY beberapa waktu lalu, menjadi kelegaan bagi masyarakat Jogja dalam mempertahankan keistimewaan. Secara langsung, pemerintahan dipegang oleh Raja Kasultanan Ngayogyakarta menjadi ciri khas Jogja dengan wilayah lainnya. Dengan predikat "istimewa" tentunya, hal-hal lain terasa menjadi istimewa, masyarakat menjadi merasa istimewa bisa mengunjungi atau tinggal di Jogja seperti itu.

4. Jogja is mini Indonesia Jogja dianggap sebagai miniatur Indonesia
 Mulai dari wisata, panorama alam yang menawan, masyarakat yang ramah tamah, pusat pendidikan kuliner hingga menjadi daya tarik perusahaan, khususnya media. Baru saja dapat sedikit ilmu dari dosen, perusahaan media nasional melirik untuk mendirikan biro di kota ini karena apapun ada di Jogja dibanding dengan wilayah sekitarnya.

5. Tugu khas Jogja
Ada mitos seperti ini "bagi mereka yang bisa mencium tugu jogja, kemungkinan akan kembali ke jogja juga." Memang Jogja menjadi salah satu tujuan wisata, tidak sekedar untuk berwisata tetapi juga memandu asmara Jogja. Orang yang keluar Jogja, akan merasa kangen dan rindu. Itu menurut pengakuan beberapa orang luar, bahkan ingin tinggal di Jogja.

6. Biaya Hidup Murah Ada yang bilang biaya hidup di Jogja itu murah dibanding tempat lain
Seperti misal makanan, uang Rp 1000,00 saja bisa mendapat satu porsi nasi kucing. Begitu juga dengan makanan lain yang cukup murah, terjangkau dan delicious tentunya. Orang Jogja yang nggak itungan (kata orang-orang seperti itu), ambil nasi berapapun dengan lauk pilihan tetap dihitung sama. Ingin bukti?Coba saja berkunjung ke warung-warung sekitar Jogja.

7. Ramah tamahnya Masyarakat Jogja
 Masyarakat Jogja sebagai bagian dari orang Jawa memiliki keramahtamahan. Apabila bertemu dengan orang lain, tersenyum dan sering megatakan seperti ini. "Nuwun sewu", "Monggo Pinarak", yang artinya permisi, dipersilakan. Ikatan sosial yang cukup dekat di lingkungan masyarakatnya turut mewarnai keunikan Jogja. Ibarat sebuah tradisi, yang harus dijaga dan dilestarikan dengan cara apapun. Begitulah 7 keajaiban Jogja yang bisa saya paparkan buat agan semua. Masih banyak sebetulnya, keajaiban yang tersembunyi dan tak bisa disebutkan satu persatu. Dengan modal pengalaman hidup dan terlahir di tempat ini selama kurun 20 tahun lamanya, tentunya bisa menjadi gambaran untuk para pelancong yang ingin menikmati suasana Jogja. Sekian.

0 Comments:

Posting Komentar