Jumat, 19 Oktober 2012

Jejaring Lokal tak Kalah Unggul

Saya ingin sedikit berbagi cerita, informasi, maupun ilmu sekaligus melengkapi tugas pada matakuliah cybermedia yang pada pertemuan awal lalu kosong. Saya tercengang ketika ada situs-situs lokal yang telah dibuat seperti layaknya situs jejaring sosial populer saat ini, yakni facebook dan twitter. Produk lokal jejaring sosial yang baru saya kenal lewat tugas cyber ini, menjadi suatu gambaran dan ilmu baru bagi saya khususnya dalam menganalis dan membandingkan antar situs lokal maupun internasional, baik secara konsep situs, fitur-fiturnya, kelebihan maupun kekurangannya.
Sebelum itu, saya paparkan sedikit beberapa situs jejaring sosial di Indonesia saat ini. Sekitar 24 situs yang mewarnai dunia jejaring sosial mulai dari adandu, catchfriend, digli, fupei, kombes, kongkoow, paseban, mypulau, statusbooks dan masih banyak lagi. Tetapi setelah saya cek, dari ke 24 situs tersebut ada beberapa link yang mati entah karena kurang diminati sehingga mati atau linknya ganti pun masih menjadi pertanyaan besar bagi saya. Dari ke 24 itu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda, khususnya pasar member ada yang khusus bagi muslim Indonesia, anak sekolah, khusus untuk orang jomblo, khusus pengunggahan video bahkan dalam peenampilan dan fitur hampir mirip-mirip lah dengan situs facebook dan twitter seperti yang nantinya akan saya kupas dua sosok pembanding situs lokal dan internasional, siapa lagi kalau bukan facebook yang saya banding dengan statusbooks sebagai model pembanding lokalnya. Untuk facebook bisa cek ke sini sedang untuk statusbooks bisa cek sini.
Maka akan muncul tampilan seperti ini :
gambar 1. tampilan facebook

gambar 2. tampilan statusbooks
Bisa anda lihat, dari kedua tampilan situs jejaring yang berbeda hampir sama dalam penyajiannya. Hanya saja, ada perbedaan sedikit, yakni letak kolom untuk sign ini atau masuk untuk facebook di atas dan untuk statusbooks di samping kanan. Fitur statusbooks lebih lengkap dalam tampilan ini karena bisa terhubung dengan facebook. Bagi anda mungkin yang ingin mendaftar, bisa langsung menghubungkan dengan ID facebook atau twiiter juga bisa sehingga memudahkan dalam membuat account.
Tidak hanya dalam tampilan saja, sebetulnya antar kedua jejaring sosial tersebut fitur-fitur dalam statusbooks lebih lengkap dibanding dengan facebook. Hanya saja, mungkin karena lebih duluan populer facebook dibanding dengan situs ini, yang hanya mampu menjaring 38.000 lebih member saja, kemungkinan bisa terus bertambah.
Berikut saya singgung beberapa fitur yang dimiliki statusbooks :
1. Member dapat melihat semua user yang online. Selain itu, bisa menikmati chat tanpa harus meng-add orang terlebih dahulu, karena ada layanan chatroom sebagai fasilitas chat baik secara personal maupun melalui room (tergantung dari user yang online).
2. Fitur yang lebih beragam. Jika di facebook hanya bisa mengunduh file, foto, maupun video, events,catatan serta ajukan pertanyaan dan lokasi bersama, maka dalam statusbooks seperti album foto, group, gifts, events, blogs, forums, musics, videos, questions dan media (radio & tv).
3. Seperti halnya facebook, memiliki fasilitas berupa like, komentar dan share dengan tampilan yang dikemas cukup sederhana dan background yang profile yang bisa kita ubah hanya dengan memasukkan css code saja layaknya blog.
4. Dan masih banyak fitur lain seperti update posting, dua bahasa, bisa mlihat popular members juga dan lain-lain.
gambar 3. tampilan chatroom

gambar 4. beberapa fitur pendukung

Berbicara masalah kelebihan baik dilihat dari penampilan, sarana pendukung seperti fitur-fitur statusbooks saya simpulkan lebih unggul dibanding dengan facebook atau twiiter. Layanan menu yang lebih komplit dibanding facebook dengan menyertakan layanan music bisa upload music juga, tidak hanya video maupun foto. Member juga bisa membuat semacam blog, bagi mereka yang ingin membuat tulisan atau memberikan informasi lewat layanan blog dalam statusbooks. Forum, layaknya forum pada situs vivanews.com atau semacamnya, yang menghadirkan beberapa topik (tulisan) kemudian mendapatkan respon bila topik menarik. Beban situs yang cukup enteng mungkin karena masih belum banyak yang menjadi user (member) sehingga enteng, tidak terlalu berat ketika membuka situs ini. Bisa chatroom juga tanpa perlu meng-add user lain, bisa chat bersama. Namun, apabila ingin mengwall ke user lain tambah teman terlebih dahulu.
Oh ya satu lagi, tampilan baik dari kursor maupun background bisa diganti disesuaikan dengan code css yang diinginkan. Sehingga tampilan profil tampak cantik dan menarik, bisa diubah sewaktu-waktu.
 Yah, seperti itu adanya. Mungkin ada kelebihan-kelebihan lain yang masih belum saya telusuri dan pahami. Untuk itu, perlu kita klarifikasi secara bersama.^^
gambar 5. layanan forum

gambar 6. layanan profil

Hanya saja untuk kekurangannya, ada fitur tertentu masih belum bisa dipakai seperti radio atau tv, selain juga member yang terbatas, tidak seramai di facebook karena kurang populer di mata masyarakat lokal, ketika melihat user online, maka akan kelihatan sedikitnya yang online. Pada tampilan background profile yang diubah, ada beberapa bila dibuka beban untuk buka cukup berat koneksinya.
Seperti bak cagar budaya yang perlu dilestarikan, mari setidaknya ikut berpartisipasi di jejaring sosial lokal yang tak kalah unggul dengan merk lain. Hanya saja, perlu digiatkan kembali dalam sosialisasi jejaring sosial lokal. Jejaring sosial lokal BISA!!! Hhe...

0 Comments:

Posting Komentar