Kamis, 13 November 2014

Belajar Bahasa Jepang itu Menyenangkan

Berbahasa adalah hal pokok dalam berkomunikasi. Manusia memakai bahasa untuk memudahkan dalam memahami isi pembicaraan. Berbagai bahasa telah diciptakan sesuai dengan geografisnya, tak terkecuali bahasa Jepang. Belajar bahasa tidak harus mengikuti kegiatan lembaga bimbingan atau les privat, kita pun bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi atau pun e-book, bahkan dalam genggaman android kita bisa memilikinya. Asal ada niat dan usaha untuk belajar, insyaAllah akan mempermudah dalam mempelajari bahasa ini.
Yang seringkali menjadi terkendala dalam menggunakan bahasa ini adalah memahami huruf-huruf seperti hiragana maupun katakana, bahkan kanji. Penulis pun merasa demikian, tidak cukup satu jam atau dua jam saja, tetapi harus ada upaya untuk belajar menulis dan menghapalkan. Hiragana biasa dipakai untuk percakapan sehari-hari, sedangkan katakana hanya dipakai apabila menggunakan kata-kata asing atau istilah dalam bahasa kita, bahasa serapan. Kini, banyak aplikasi penyedia layanan untuk membantu dalam menghapal bahasa ini. Jika ingin berkenan bisa download di sini.
Sekarangpun kita juga bisa belajar melalui online. Dengan melalui website milik nhk jepang, kita akan diajarkan dasar-dasar percapakan yang biasa dilakukan orang bekerja. Orang kita pun, tak sedikit, bekerja di negeri sakura memanfaatkan fitur ini membantu dalam berbahasa.
Jika memang kita sudah paham dalam menghapal huruf maupun dasar-dasar berbahasa, memahami kata-kata perlu untuk dilakukan dalam upaya menambah kosakata. Bisa menggunakan semacam kamus atau e-book. Jika berkenan bisa mendownloadnya di sini. Untuk belajar partikel dan contohnya bisa download di sini.
Aplikasi maupun e-book ini penulis ambil dari berbagai sumber. Paling tidak semoga bisa bermanfaat untuk mereka yang ingin belajar bahasa ini.

Selamat mencoba! Ganbatte

0 Comments:

Posting Komentar